Rabu, 10 September 2014

Best Bapak I Ever Had

Bangga dan bersyukur banget punya orang tua yang super duper seperti orang tua ku. aku panggil mamak dan bapak. kali ini mau ceritain bapak dulu yah....
beliau ini kelahiran Medan, 1 April 1957, tanggal sebenernya aku ga tau juga, kalo kata bapak dulu boro2 ada catatan atau akte kelahiran, jadi berhubung dulu lagi seru2an aprilmop, jadi bapak ambil tanggal itu aja buat jadi tanggal kelahirannya...hehe aneh yah, tanggal lahir ko milih :D . Meskipun lahir di Medan, bapak itu orang jawa, karena nenekku asli Jawa. 

Beliau ini yang banyak banget ngajarin agama buat aku dan sodara2ku yang lain, waktu aku kecil sih beliau jarang banget ngobrol kaya sekarang ini, sosok yang nakutin buat aku, bisa dibilang galak juga sih :D
Bapak dulu kerja sebagai Marinir dan dinas di Paspampres waktu jaman Almarhum Pak Harto. Bapak itu pekerja keras menurut aku, habis pulang dinas tetep kerja di luar buat cari tambahan penghasilan (maklum dulu gaji tentara kecil kata bapak). Karena sibuknya beliau, aku jarang banget bisa sekedar ngobrol ato pergi rekreasi bareng bapak. 

Waktu aku umur 12 tahun, aku masih SMP waktu itu, mamak meninggal bareng dengan lahirnya adekku Syarif. aku dulu itu anak manja banget, maklumlah anak perempuan satu2nya dan bontot pula. Saat itu aku inget banget bapak manggil anak2nya yang lagi berduka untuk dikasih wejangan, bapak bilang "kita kan sayang mamak yah, tapi Allah lebih sayang". tau banget gimana perasaannya waktu itu. :((

semenjak itu bapak berubah, harus gimana urus anak 3 dan 1 bayi yang baru lahir????
akhirnya adekku dititipkan tetangga yang seperti keluargaku. Mungkin Allah punya rencana dibalik semuanya, aku jadi deket banget sama bapak. Setiap bulan harus belanja susu dan kebutuhan lain buat adekku dan kebutuhan rumah, hal ini yang biasanya gak pernah dilakuin bapak saat masih ada mamak.
Inget banget karena aku lagi puber, bapak yang beliin aku bra untuk pertama kalinya, dan harus nanya2 sama mba spgnya,  hal yang harusnya seorang ibu lakuin buat anak perempuannya, ini dilakuin sama bapak. :(

Bapak selalu ngajarin hidup sederhana, jaman aku SMP temen2ku sudah dikasih minimal sebulan Rp. 50.000 , aku dikasih bapak Rp.30.000 . Untuk sekedar jalan ke mall sama temen aja aku harus sisihin uang jajanku. Dulu berat banget rasanya, tapi sekarang aku tau kenapa bapak kasih aku uang jajan yang pas2an, supaya aku ga jadi orang yang boros.

Aku tau banget galaunya bapak waktu ditinggal mamak, beliau mutusin untuk dikaryakan dari kesatuan (itu artinya dinas luar). Bapak kerja ke daerah Jambi waktu itu, dan pulang 2bulan sekali, di Kalimantan juga bapak jalanin sampai aku kuliah bapak masih kerja luar kota.

Hikmah dari mamakku dipanggil Allah, Bapak jadi lebih mendekatkan diri sama Allah. jadi rajin baca buku2 agama, ikut pengajian, dll. Bapak ga pernah maksa anaknya untuk sholat, hanya mengingatkan, karena menurut bapak setiap orang itu akan sadar sendiri masalah sholat. 

Selesai kuliah, sebelum ijazahku keluar aku kerja di perusahaan ekspedisi. Aku inget banget bapak selalu jemput aku dan nunggu di pos satpam. Sifat cengeng dan manja aku emang susah banget hilangnya, aku selalu ga betah kerja, makanya bapak dengan sabar mengalah untuk selalu jemput aku pulang kerja supaya aku betah kerja. Meskipun aku kerja hanya bertahan 6 bulan dan akhirnya resign. 

Setelah resign aku sibuk nyiapin kebutuhan untuk menikah. Bapak juga salah satu yang paling sibuk, mulai cari-cari untuk kebutuhan acaraku ini. 
Beliau yang langsung menikahkan aku dan suamiku :)

makasih buat semuanya sampe saat ini ya pak, buat semua yang bapak ajarin buat ira, semoga bapak sehat terus, bahagia selalu, maaf buat semua kesalahan yg ira buat dari kecil sampe sekarang. You're the best. Love u bapak :*

0 komentar:

Posting Komentar

 

Learning and Sharing Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template