Minggu, 24 Agustus 2014

Iga Bakar

Hari ini masak pesenan suami yang lagi libur... iga bakar ala mertua, hehe
resep ini aku dapet dari mertuaku, awalnya ga boleh bagi2 resep ini ke siapa2, :D
tapi ssssttttt jangan bilang2 yah...haha
setelah aku bujuk dan aku bilang ke mertua kalo bagi2 ilmu itu pahalanya banyak, bahkan kalo kita udah meninggal pun, selama ilmu yang kita bagiin masih digunain sama orang lain, pahalanya tetep mengalir...Aamiin InsyaAllah (kalo masalah ilmu agama begini aku dapet dari bapakku, hehe "My Dad My Pious Dad" love bapak :*)

ini dia resep iga bakar ala ibu mertua ;)


IGA BAKAR 
Bahan:
- 1/2 kg iga sapi
- 3 lembar daun jeruk purut (dirobek biar wanginya keluar)
- 2 lembar daun salam
- 1 batang serai, digeprek....bahasa yg benernya apa ya digeprek?? ada yg bisa bantu? :D
- 4-5 sdm kecap manis
- 1sdt garam
- 1/2sdt gula pasir
- 2lt air untuk merebus iga

Bumbu halus:
- 20 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 20 buah cabe rawit merah
- 5 buah cabe merah keriting
- 1/2 buah tomat
- 2 butir kemiri (yang sangrai lebih enak, tapi kalo aku suka males sangrainya)
- 1 sdt ketumbar
- 2 ruas jari kunyit
- 1 ruas jari jahe
- lengkuas secukupnya
 ulek atau blender semua bumbu halus (gunakan minyak sayur untuk blender semua bumbu halus, jadi ga usah pake air yah blendernya)

Cara:
- rebus iga yang sudah dicuci bersih sampai setengah empuk
- tumis bumbu halus bersama daun jeruk, daun salam, dan serai hingga harum, masukan iga yg sudah direbus, tambahkan kaldu sisa rebusan iga
- masukan kecap, garam dan gula (kalo mau ditambah penyedap rasa juga boleh, tapi kalo aku ga pake) 
 - Masak sampai iga benar2 empuk, dan bakar deh ;)

Selamat mencoba....



0 komentar:

Posting Komentar

 

Learning and Sharing Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template